8 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

8 Manfaat  pisang untuk kesehatan

Siapa diantara kita yang tidak mengenal buah ini. Buah konsumsi yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak manfat yang bisa kita dapatkan dari buah pisang. Manfaat yang paling penting adalah buah ini ternyata juga berfungsi untuk menunjang  kesehatan kita. 


Sebelum kita menguraikan lebih jauh manfaat dari buah pisang, ada baiknya kita mengetahui informasi kandungan gizi dari buah pisang tersebut. Sebab manfaat buah pisang sendiri tidak lepas dari kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang. 


8 Manfaat buah pisang untuk kesehatan

Kandungan Gizi yang terdapat dalam buah pisang :
  • Lemak 0,2 gram
  • Protein 1,2 gram
  • Karbohidrat 25,8 gram
  • Serat 0,7 gram
  • Besi 0,5 gram
  • Fosfor 28 gram
  • Kalsium 8 mg
  • Vitamin C 3 mg
  • Vitamin B 0,08 mg
  • Vitamin A 44 RE
Sebagai buah-buahan konsumsi, kandungan gizi pisang sangat bagus, selain juga mengandung zat-zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan.
Jika kita rajin mengkonsumsi buah pisang, menjadikannya sebagai cemilan maka kita tentu akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.
Berikut ini 8 Manfaat  yang dapat kita ambil untuk menunjang kesehatan kita :
1. Merangsang Tumbuh Kembang Janin, Pada Ibu Hamil
Di dalam buah pisang terkandung asam folat yang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangan di dalam rahim. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu pisang juga mengandung kalori yang tinggi, jadi tetap berhati-hati dalam mengkonsumsinya, jangan sampai terlalu banyak agar manfaat pisang bisa didapatkan secara maksimal oleh ibu hamil. Dalam satu buah pisang terdapat 80-100 kalori
2.  Menurunkan Resiko Stroke Pada Penderita Darah Tinggi / Hipertensi
Di dalam buah pisang terdapat kandungan kalium yang tinggi dan kandungan garam yang rendah. Kandungan kalium yang tinggi pada buah pisang menjadikannya sebagai buah yang cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi / Hipertensi.
Kandungan rata-rata kalium di dalam sebutir pisang adalah 500 mg. Jumlah ini mampu menurunkan tekanan darah dan juga dapat  menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh kita.
Hasil penelitian dari Journal of the American College of Cardiology menyimpulkan bahwa asupan kalium harian sebesar 1600 mg (setengah dari jumlah yang dianjurkan untuk konsumsi harian yang berjumlah 3500 mg) dapat menurunkan resiko stroke lebih dari seperlima.
Bagi anda penderita Hipertensi ada baiknya mencoba menjadikan buah pisang sebagai salah satu buah pilihan untuk menurunkan resiko stroke yang disebabkan hipertensi.

3.  Menetralkan Asam Lambung

Penderita asam lambung yang tinggi, dapat mengkonsumsi buah pisang yang dicampur dengan susu cair. Hidangkan segelas susu cair  yang telah dicampur buah pisang, untuk mengatasi cholik atau asam lambung. Juga dapat diberikan pada anak-anak atau bayi. 

4.  Mengobati Luka Bakar 

Selain buah pisang, daun pisang pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar. Abu daun pisang yang dicampur dengan minyak kelapa, mempunyai efek mendinginkan kulit serta dapat meringankan luka bakar jika dioleskan pada daerah yang terbakar tersebut.

5. Mengatasi Anemia

Manfaat buah pisang bagi penderita anemia, dapat merangsang produksi hemoglobin sehingga hal ini akan mengatasi anemia. 

6.  Meningkatkan Konsentrasi

Pada buah pisang terdapat kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi, serta dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sekolah. 

7. Memperbaiki Mood dan Membuat Rileks 

Buah pisang mengandung protein tryptophan, protein ini kemudian akan diubah menjadi serotonin yang akan memperbaiki mood, menjadi lebih rileks dan membuat bahagia.

8. Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit 

Bubur buah pisang yang dicampur dengan madu dengan sedikit susu dapat dipakai untuk menghilangkan jerawat. Cara pemakaian ramuan bubur tersebut dapat dioleskan pada wajah selama 30-40  menit. Setelah selesai bilaslah dengan air hangat, kemudian cucilah dengan air dingin, lakukan cara ini dengan konsisten selama 2 minggu dan lihatlah hasil dari manfaat pisang bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates: