Manfaat Kacang Kedelai Sebagai Makanan Penunjang Kesehatan

Manfaat kacang kedelai sebagai makanan penunjang kesehatan

Salah satu jenis makan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita, yang juga menjadi salah satu makanan penunjang kesehatan adalah makanan yang berasal dari olahan kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk menunjang kesehatan. Indonesia sendiri, merupakan negara terbesar penghasil kacang kedelai di daerah Asia tenggara. Pada tahun 1959-1960 Indonesia menduduki peringkat ketiga dalam penanaman kacang kedelai di dunia, mencapai hingga 60.000 hektar dengan produksi 426.000 ton.

Kadar protein dari kacang kedelai mencapai 35 % dari pada beratnya. Kacang kedelai dibandingkan dengan beratnya menghasilkan dua kali protein daging, empat kali telur, dua kali gandum, lima atau enam kali roti dan dua belas kali susu. Kualitas protein nabati dari kedelai hampir menyerupai protein hewani.

Proses pengolahan kacang kedelai dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan dan olahan minuman, di Negara kita seperti yang kita ketahui bersama makanan hasil olahan kedelai adalah ; Tempe, Tahu, Krupuk, Snack, dan Susu kedelai.  Tempe menjadi salah satu makanan kebanggaan bangsa Indonesia, selain protein dan kalsium yang tinggi tempe juga mengandung vitamin B12. Kadar Kalsium dan Karbohidrat dari tempe pun cukup tinggi, untuk setiap gram tempe terkandung 129 mg kalsium dan 12,7 gram karbohidrat. Sedangkan daging Sapi, Ayam, Kerbau, dan Domba masing-masing hanya mempunyai kalsium berkisar antara 7 sampai 14 mg dan sama sekali tidak memiliki karbohidrat.

Dalam seratus gram tempe mengandung 18,3 gram protein bahkan mencapai 21 gram sedangkan kadar protein daging sapi 18,8  gram, daging kerbau 18,7 gram, daging ayam 18,2 gram dan daging domba 17,1 gram. Susu kedelai juga merupakan produk olahan lain dari kacang kedelai. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui susu kedelai dapat menjadi asam seperti susu sapi. 

 
Kacang kedelai

Beberapa Manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahan kedele :

  • Mengandung vitamin B12, yang dapat mencegah anemia

  • Menurunkan kadar kolesterol

  • Memiliki kandungan mineral yang tinggi, yang sangat bermanfaat bagi tubuh

  • Memiliki kandungan kalsium 227 mg dibawah 7 jenis makanan lainnya

  • Mengandung 8 mg Zat Besi di bawah kandungan hati sapi sebanyak 12,1 mg

  • 100 gram kacang kedele mengandung 140 kesatuan internasional vitamin A

  • Mengandung jumlah vitamin B1 (tiamin) sangat tinggi dibawah ragi dan cengkih

  • Kecambah pada kacang kedele mengandung vitamin C yang tinggi sebanyak 130 microgram per gram



Demikianlah beberapa manfaat dari olahan kedele. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: