11 Dampak yang terjadi jika anda merokok

11 dampak yang terjadi jika anda merokok

Sepertinya rokok memang sangat akrab dengan keseharian kita, di rumah, di pasar dan di tempat-tempat umum, di jalan-jalan, di dalam angkutan umum, selalu kita jumpai para perokok aktif. Dan Jumlah nya makin hari semakin terus bertambah, seiiring gencarnya produsen-produsen rokok, aktif mengiklankan produk rokoknya.

     Miris memang apalagi jika kita melihat saat ini banyak sekali remaja-remaja usia sekolah yang sudah akrab dengan rokok, dengan santainya mereka menghisap rokok yang seakan-akan menjadi simbol kejantanan dikalangan mereka. Seandainya mereka paham dampak terhadap kesehatan mereka sendiri, mungkin mereka akan berfikir ulang dan segera berhenti dari ketergantungan terhadap rokok.

Berikut ini beberapa Dampak atau akibat yang dapat ditimbulkan oleh rokok :

mata katarak karena merokok

1. Mata Katarak
    Semakin banyak  merokok semakin besar kemungkinan mata terkena katarak. Katarak ini adalah masalah mata yang serius, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

pecahnya pembuluh darah akibat merokok

2. Pembuluh Darah
      Perokok mengalami kerusakan lapisan sel pada dinding pembuluh darah. Lemak mudah tertimbun dan aliran darah terganggu. Karbondioksida terabsorpsi (terserap) dalam darah, membuat transportasi (pengangkutan) oksigen dalam tubuh mengalami gangguan.

Radang paru-paru akibat merokok

3. Paru-Paru
     Pada Paru-paru perokok, ada senyawa lengket yang disebut tar. Kapasitas paru-paru menurun. Perokok mudah terserang bronkitis (radang saluran pernafasan), sesak nafas, dan asma serta emphysema (pembengkakan paru-paru). Perokok memiliki kemungkinan  meninggal karena kanker paru-paru 20 kali lebih besar dari pada bukan perokok.

Psiriasis atau penyakit kulit menahun karena merokok
4. Psiriasis
     Perokok memiliki kemungkinan terkena psiriasis dua kali lebih besar daripada bukan perokok. Psiriasis adalah penyakit kulit menahun yang sangat gatal, ditandai oleh petak-petak kemerahan, kering dan mengelupas berupa serpihan warna perak.


Luka lambung yang disebabkan karena merokok
5. Luka Lambung
      Perokok lebih rentan terkena luka lambung


gangguan pada otak karena merokok
6. Otak
      Cara kerja otak perokok sangat terpengaruh. Nikotin dalam rokok adalah senyawa kimia yang sangat kuat, sehingga dapat menyebabkan kecanduan dan mempengaruhi kerja otak.  

penuaan dini pada kulit karena merokok

7. Kulit
     Merokok dapat menyebabkan aliran darah ke kulit menjadi berkurang. akibatnya, terjadi penuaan dini alias kulit cepat keriput.


Gangguan pada mulut karena merokok
8. Mulut
    Gigi menjadi kuning bernoda. Nafas menjadi bau. Indera perasa di lidah terganggu, sehingga rasa makanan tidak enak lagi, besar kemungkinan perokok terkena kanker mulut,lidah dan bibir.

gangguan pada tenggorokan disebabkan karena merokok
9. Tenggorokan 
    Saat asap rokok masuk ke tenggorokan, senyawa kimia penyebab kanker yang terdapat di asap terkumpul pada selaput mucous (selaput lendir). Perokok, besar kemungkinan terserang kanker tenggorokan.

gangguan pada jantung yang disebabkan karena merokok
10. Jantung
    Merokok adalah penyebab utama serangan jantung. Sejak isapan pertama, jantung akan berdenyut lebih keras. Pembuluh darah menciut, tekanan darah naik dan jantung harus bekerja lebih keras. Perokok lebih mudah terkena stroke dan serangan jantung.

gangguan pada jari dan kuku
11. Jari dan Kuku
    Kandungan tar pada tembakau membuat jari-jari perokok menguning dan kukunya bernoda hitam

Demikianlah 11 dampak yang terjadi jika kebiasaan merokok tidak segera dihentikan. Sayangi tubuh kita dan selalu jaga dan rawat kesehatan kita. Semoga bermanfaat.
 

Subscribe to receive free email updates: