9 Ciri-ciri, Jika Gula Darah Anda Terlalu Tinggi


9 ciri-ciri gula darah tinggi



Apakah anda pernah merasa seperti ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda, tetapi anda bingung apa penyebabnya? Ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh kita, kita sering merasakan gejala yang timbul pada tubuh kita seperti, penglihatan kabur, penyembuhan luka yang lambat, dan lapar tiba-tiba,ini semua mungkin adalah gejala gula darah tinggi.


Secara alami dalam tubuh manusia mengandung gula dalam bentuk glukosa. Jumlah gula darah yang tepat memberikan energi ke sel dan organ tubuh. Untuk menjaga kadar gula darah pada kisaran yang sehat, tubuh membutuhkan insulin. Insulin adalah hormon yang mengambil gula darah dan mengirimkannya ke sel-sel tubuh. Pada orang dengan diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin. Pada mereka yang menderita diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin tetapi tidak dapat menggunakannya dengan benar.

Penyebab Gula Darah Tinggi
:

Ketika
anda sakit atau stres, tubuh Anda memproduksi hormon untuk memerangi penyakit dan stres. Ini bisa memicu gula darah tinggi. Penyebab lain gula darah tinggi meliputi:

    Tidak cukup insulin 
    Makan atau minum lebih banyak karbohidrat dari biasanya
    Lebih sedikit aktivitas atau olahraga
    Penyakit atau infeksi
 
Ketika kadar gula darah tubuh terlalu tinggi, maka akan terjadi masalah pada tubuh kita. Seiring
berjalannya waktu, pembuluh darah menjadi rusak, yang dapat menyebabkan banyak komplikasi. Gula darah tinggi dapat berakhir menyebabkan serangan jantung atau stroke, penyakit ginjal atau gagal ginjal dan kerusakan pada mata atau kehilangan penglihatan. Ini juga bisa menciptakan masalah saraf di kulit, yang menyebabkan luka dan infeksi. Mampu mengenali gejala gula darah tinggi dapat membantu anda mengetahuinya lebih awal dan mencegahnya.

1. Mati rasa, Terbakar atau Kesemutan

Gula darah tinggi dapat menyebabkan mati rasa, terbakar atau kesemutan di tangan, dan kaki. Ini disebabkan oleh neuropati diabetik, yang merupakan komplikasi diabetes.

2.
Rasa lapar yang terus menerus

Tanpa jumlah gula darah yang tepat untuk memberi energi tubuh Anda, Anda mungkin akan terus-menerus mendambakan makanan, karena tubuh Anda mencari sumber energi pengganti

3. Sering buang air kecil

Gula tinggi dalam darah berakhir di ginjal dan urin, yang menarik lebih banyak air. Ini dapat menyebabkan sering buang air kecil.

4.
Sering  Haus

Seiring dengan sering buang air kecil, gula di ginjal dan urine dapat menyebabkan rasa haus yang meningkat.

5.
Penurunan berat badan

Ketika sel-sel tubuh tidak mendapatkan glukosa yang mereka butuhkan, tubuh membakar otot dan lemak sebagai gantinya. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba
.
 
6. Kelelahan

Ketika sel-sel tubuh tidak dapat mengakses gula darah untuk energi, seseorang dapat merasa lelah secara terus-menerus.

7. Kesulitan Berkonsentrasi

Ketika tubuh Anda tidak seimbang, pikiran Anda juga menderita. Gula darah tinggi dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan masalah dengan
ingatan.

8.
Penyembuhan yang lambat pada luka

Gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saraf. Jika Anda melihat luka sembuh sangat lambat, mungkin ada baiknya untuk memeriksakan gula darah Anda.

9. Pusing
dan pandangan kabur

Pusing dan penglihatan kabur, terutama jika muncul tiba-tiba, tidak boleh diabaikan. Gula darah tinggi bisa menjadi penyebab yang mendasar untuk kedua gejala ini.

Semoga bermanfaat.. 



Subscribe to receive free email updates: